Apa Penyebab Cegukan? – Cara Menghentikan Cegukan

Ketika kita memikirkan penyebab cegukan, kebanyakan dari kita cenderung fokus pada penyebab yang dapat ditemukan di dalam perut seseorang. Ini adalah tempat yang baik untuk memulai dan sebagian besar orang berada di jalur yang benar dengan ini. Baru setelah kita mulai melihat alasan mengapa orang memilikinya, kita mulai bertanya-tanya tentang tempat lain di mana kondisi itu mungkin terjadi.

Hal utama yang menyebabkan cegukan mungkin adalah stres. Banyak orang memiliki masalah dengan angin yang keluar dari layar mereka atau dipaksa untuk menahan napas. Semua hal tersebut dapat membuat seseorang merasa cemas dengan apa yang akan dihadapinya. Tubuh telah mengembangkan cara untuk menghadapi keadaan yang tidak nyaman seperti itu.

Salah satu cara agar reaksi tubuh terhadap kecemasan dapat dihentikan adalah melalui produksi adrenalin

Hal ini dapat bermanfaat bagi tubuh karena mampu mengendurkan otot-otot di perut yang berujung pada timbulnya cegukan. Faktanya adalah, kebanyakan dari kita pernah mengalami cegukan di mana produksi adrenalin adalah biang keladinya.

Cegukan juga sering disebabkan oleh kecemasan. Ini adalah penyebab umum dari mereka dan dapat dikaitkan dengan stres, kurang tidur, terlalu banyak kafein dalam makanan, atau hanya terlalu banyak khawatir.

Kebanyakan orang perlu makan banyak protein untuk mencegah cegukan. Ada hubungan antara asupan protein tinggi dan sistem pencernaan yang santai. Makanan berprotein seperti daging tanpa lemak, telur, ikan, susu, dan yogurt diketahui dapat membantu. Makanan ini tidak hanya lezat, tetapi juga kaya nutrisi yang memiliki efek positif pada sistem pencernaan Anda.

Jika Anda menghindari penyebab cegukan karena Anda tidak yakin apakah cegukan Anda disebabkan oleh stres atau kecemasan, pada saat Anda mengalaminya lagi, cobalah beberapa langkah sederhana di atas dan lihat apa yang terjadi. Anda mungkin menemukan bahwa pikiran Anda telah memutuskan bahwa ia ingin memulai dan akan keluar dari perut Anda.

Apa pun alasannya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghentikannya. Jika Anda stres, disarankan agar Anda menemui dokter dan meminta saran tentang obat-obatan yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Bahkan mungkin beberapa gejala bisa menjadi akibat dari kondisi medis yang jauh lebih serius.

Jika cegukan tidak terkait dengan masalah kesehatan yang lebih serius, Anda dapat mencoba beberapa pengobatan rumahan yang terbukti dapat menghentikan atau setidaknya menguranginya. Hal-hal seperti es, rempah-rempah, dan mandi air hangat adalah cara yang bagus untuk memerangi kondisi ini.

Cara lain untuk mengatasi cegukan adalah dengan melakukan latihan pernapasan yang akan meningkatkan tingkat relaksasi dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Anda secara keseluruhan. Itu adalah sesuatu yang sangat sederhana dan siapa saja bisa melakukannya sehingga mereka bisa hidup normal.

Teknik pernapasan dasar yang Anda pelajari untuk dilakukan termasuk menghirup udara dalam-dalam dari diafragma yang akan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke area tersebut. Ini akan membantu mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, dan membantu menghilangkan lendir dari usus bagian atas.

Setelah Anda mengetahui cara melakukannya, Anda dapat mulai minum banyak air untuk memastikan jumlah cairan dalam tubuh Anda tetap pada tingkat yang konstan. Ini juga akan membantu Anda menghindari keharusan menahan napas karena ini adalah refleks alami yang akan menyebabkan Anda menarik lebih banyak dan lebih sedikit menghembuskan napas.

Saat Anda bernapas dengan cara ini, Anda dapat menarik napas perlahan melalui hidung sampai bagian belakang tenggorokan Anda menekan rongga dada. Saat Anda mengeluarkan napas, Anda akan menarik bagian belakang diafragma Anda keluar dari rongga dada sambil melakukan yang sebaliknya untuk hidung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *